Cara memilih baja ringan kualitas bagus

baja ringan yang bagus

Cara memilih baja ringan yang berkualitas

Cara memilih baja ringan yang berkualitas bagus yaitu dengan cara melihat ciri ciri kusus seperti Ber SNI, Bergaransi dan banyak dipakai atap baja ringan untuk konstruksi bangunan semakin diminati. Bobot yang ringan, serta pemasangannya yang mudah, membuat rangka baja ringan semakin umum digunakan.

Namun demikian di pasaran, baja ringan memiliki kualitas yang beraneka ragam karena perbedaan harga maupun perbedaan kualitas material. Setiap baja ringan memiliki keunggulan masing-masing. Merk Rangka Atap Baja Ringan juga semakin banyak, baik lokal maupun yang berasal dari impor.

Ciri ciri baja Ringan yang baik

1. Berstandar SNI

Pastikan membeli rangka baja ringan yang memiliki SNI. Karena masih ada beberapa toko material  yang menjual baja tanpa SNI. Ini penting supaya terhindar dari kerusakan seperti korosi dan tingkat ketegangan yang sangat rendah.

Standar SNI sangat menentukan baja ringan yang terbaik dan berkualitas atau tidak.

2. Pilih produk bergaransi

Pilih baja ringan yang memiliki garansi. Selain berSNI dan lebih terjamin kualitasnya, Garansi pada material rangka baja ringan juga penting, karena hal itu menjamin ketahanan dan telah diuji coba oleh pabrik pembuatannya.

Saat melakukan pembelian, pastikan pula bahwa toko bangunan melayani garansi apabila terjadi kerusakan sesuai dengan ketentuan yang ada pada garansi produk.

3. Tegangan tarik tinggi

Kualitas rangka baja ringan bisa dilihat dari nilai tegangan tarik yang tercantum pada keterangan produk. Semakin tinggi tegangan tarik, maka semakin kuat pula produk baja ringan.

4. Memilih baja ringan prefabrikasi

Dengan memilih baja ringan prefabrikasi karena dari sisi kualitas tentu lebih baik. Prefabrikasi sendiri adalah metode pemasangan baja ringan yang sudah mengalami proses pemotongan di pabrik pembuatnya supaya pemasangan bisa lebih efisien dan rapi dibandingkan pemotongan manual oleh tukang.

Demikian informasi ciri ciri rangka baja ringan yang bagus, untuk itu, bagi anda yang ingin membeli atau menggunakan baja ringan sebagai pilihan rangka atap rumah dan gedung lainya bisa memilih rangka baja ringan yang baik.

Jangan memilih rangka baja ringan yang kualitasnya tidak standar indonesia, atau menggunakan baja ringan yang ukuranya lebih tupis jika beban yang harus di tahan itu berat misalkan atap genteng beton atau genteng jatiwangi atau genteng keramik.

Karena sudah banyak kejadian rangka atap baja ringan ambruk tidak bisa menahan beban yang sangat berat.

Sebaiknya konsultasikan kepada ahlinya tukang baja ringan yang profesional supaya lebih yakin dan aman.