Penyebab baja ringan ambruk

Baja ringan ambruk

Penyebab Baja Ringan Ambruk

Penyebab Baja Ringan Ambruk, Berikut ini ada beberapa faktor penyebab atap baja ringan ambruk baik dari kesalahan human ataupun bencana alam.

Atap merupakan bagian bangunan yang berfungsi untuk melindungi dari atas bangunan. Seperti  saat panas matahari dan saat air hujan turun. Pembangunan atap dilakukan memakai rangka atap yang berfungsi sebagai penahan atau penopang atap.

Jaman dulu rangka atap rumah selalu dibuat menggunakan material yang alami. Seperti kayu atau bambu. Kedua material ini dipilih karena memiliki kekuatan yang sangat baik dalam menahan beban atap. Beban atap yang sangat berat sanggup ditahan oleh rangka kayu atau rangka bambu. Tapi persediaan kayu dan bambu di alam kini semakin sedikit.

Oleh sebab itu, sekarang ada material pengganti kayu atau bambu sebagai rangka atap rumah yang dapat menjadi pengganti kayu dan bambu, serta kualitasnya baik yaitu rangka atap baja ringan.

Banyak dijumpai kasus rangka baja ringan yang ambruk akhir-akhir ini. Maraknya kasus yang terjadi membuat banyak orang merasa takut untuk memakai rangka baja ringan sebagai rangka atap rumahnya.

Sebenarnya apa sih penyebab utama terjadi rangka atap baja ringan bisa ambruk?

Kesalahan Perencanaan Kerja

Pemasangan rangka baja ringan harus dilakukan perencanaan terlebih dahulu sebelum dilakukan pemasangan. Rangka atap baja ringan bisa ambruk bila perencanaannya kurang baik. Tukang baja ringan ataupun pemborong supaya lebih teliiti dan mengikuti gambar kerja yang telah di tentukan.

Kesalahan Pelaksanaan Kerja

Kesalahan saat pelaksanaan pembuatan rangka atap baja ringan menjadi salahsatu penyebab yang paling banyak. Biasanya pelaksanaannya dilakukan atau tidak sesuai dengan perencanaan. Contohnya Bila pemasangan dudukan rangka baja ringan yang miring , pemasangan dinabolt yang terlalu kecil, atau tidak dipasang dinabolt dan hanya menggunakan skrup saja, pengikat ke dinding bangunan kurang kuat , bautnya kurang dll. Sehingga mengakibatkan kekuatan menjadi tidak seimbang.

Bencana Alam

Daerah yang rawan mengalami bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, dan angin kencang. Rangka atap baja ringan ini memang bisa mengalami ambruk bila terjadi bencana alam. Maka anda harus menyadari betul risiko buruk ini sehingga dapat melakukan antisipasi saat melakukan perencanaan dan saat pemasangan.

Material Kurang Berkualitas

Di pasaran banyak produk rangka baja ringan. Tentu masing masing produk ini memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Tingkat kualitasnyapun berbeda. Jangan pilih rangka atap baja ringan yang berkualitas kurang baik.

Maka dari itu pastikan anda memilih tukang baja ringan yang telah berpengalaman dibidangnya.